Hindari Permusuhan


Diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah, “Puasa itu perisai. Maka apabila salah seorang diantara kamu berpuasa, jangan mengeluarkan kata-kata keji, berbuat hingar bingar. Apabila seseorang mencaci maki atau memukulnya, maka katakan padanya, “Aku sedang berpuasa”.

Waktu menjalani ibadah puasa, hindarilah pertengkaran, keutamaan menghindari pertengkaran dijelaskan oleh Baginda Rasul, yaitu dari Abu Umarah r.a, ia berujar, bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menghindari pertengkaran, padahal ia salah, maka akan dibangunkan baginya rumah disekitar surga. Dan barangsiapa meninggalkan pertengkaran sedang ia benar, maka akan dibangunkan baginya rumah dilantai tengah surga. Sedang barangsiapa membaguskan akhlaknya, akan dibangunkan untuknya rumah dilantai paling atas dari surga”. (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Baihaqi)

Pertengkaran atau permusuhan merupakan suatu perbuatan yang sangat dibenci Allah. Hadis Riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasa’I menyebutkan sabda Rasulullah, “Sesungguhnya lelaki yang paling dibenci oleh Allah, yaitu yang paling sangat teguh dalam permusuhan”.

***

Source : Sudah betulkah puasa anda?