Pengungkapan rasa syukur


Pengungkapan Rasa Syukur

“…Dan sedikit sekali dari hamba-hamba- Ku yang bersyukur.”( QS.As-Saba: 13).

“…Dan barang siapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri .. .” (QS.An-Naml: 40)

Ada tiga macam bentuk pengungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang bisa ditempuh manusia:

PERTAMA, bersyukur dengan hati, yaitu mengakui dan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikamt yang diperoleh berasal dariNya dan tidak ada apapun selainNya yang dapat memberikan nikmat itu.

KEDUA, bersyukur dengan lisan, yaitu mengucapkan secara jelas ungkapan rasa bersyukur dengn kalimat alhamdulillah. Rasulullah saw, bersabda “Barangsiapa mengucapkan subhanallah, maka ia mendapatkan sepuluh kebaikan. Orang yang membaca laa ilaaha illallaah akan dibalas dua puluh kebaikan dan orang yang membaca alhamdulillah akan memperoleh tiga puluh kebaikan.”(Al- Hadits)

KETIGA, bersyukur dengan amal perbuatan, yakni mengamalkan anggota tubuh kita untuk melakukan perbuatan baik dan memanfaatkan segala nikmatNya sesuai dengan ajaran agama. Pada tahap ini, yang dimaksud dengan mengamalkan anggota tubuh ialah mempergunakan anggota tubuh untuk mengerjakan hal-hal yang positif yang dirihoiNya sebagai perwujudan dari rasa syukur. Misalnya jika seseorang memperoleh nikmat berupa harta benda, maka ia mempergunakan hartanya untuk infak atau bersodaqoh.

Maka syukurilah dengan apa yang sudah kita miliki. Dengan rasa syukur kita akan terjauh dari AIDS (Angkuh, Iri, Dengki dan Syirik). Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu bersyukur… Amin …yarabbalamin. …

***

Wassalam, Henny