Niat


niatNiat

Dalam bukunya An-Nashoih Ad-Diniyyah wal Washoyah Al-Imaaniyyah, Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad memulai dengan pujian dan sholawat serta hadits Rasulullah SAW tentang pentingnya niat.

Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya setiap amal tergantung pada niatnya dan sesungguhnya segala sesuatu dibalas dengan niatnya. Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa berhijrah karena dunia yang dituntutnya, atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu kepada niat hijrahnya.” (HR. Bukhori & Muslim)

Beliau juga bersabda, “Agama adalah nasehat.” Para sahabat bertanya, “Kepada siapa ya Rasul ?.” Beliau SAW menjawab, “Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan orang-orang awamnya.” (HR. Muslim)

Hukum niat ada beberapa macam. Ada yang wajib seperti ketika akan shalat, puasa Ramadhan dan lain-lain. Ada pula sunnah seperti memulai sesuatu yang sifatnya sunnah.

Hijrah ada 2 pengertian :

  • Hijrah/pindah dari suatu tempat ke tempat lainnya, seperti hijrahnya Rasulullah SAW, Al-Imam Al-Muhajir Ahmad bin Isa dan lain-lain.
  • Hijrah dari maksiat menuju taat, sebagaimana yang dimaksud di dalam taubat.

Hijrah juga dapat diniatkan untuk Allah, juga untuk Rasul-Nya seperti berziarah ke makam Rasulullah SAW. Beliau bersabda :

“Barangsiapa berziarah kepadaku, maka wajiblah atasnya syafaatku.”

Al-Habib Abdullah Al-Haddad menerangkan bahwa kitab beliau berisi nasehat keagamaan dan wasiat keimanan. Beliau berharap agar buku tersebut dapat bermanfaat dan dimanfaatkan sebagai peringatan bagi beliau dan saudara semuslim. Beliau menyusun dengan ungkapan yang mudah sehingga dapat dipahami oleh khalayak umum dan khusus dari ahli iman dan Islam. Semoga kiranya buku tersebut dikarang dengan ikhlas karena Allah Yang Maha Mulia, dapat mendekatkan antara beliau dan Allah di surga Na’im dan menjadikan buku tersebut bermanfaat secara merata bagi kaum muslimin. Amin…

[Disarikan dari Nashoih Diniyyah, Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad]

***

Kiriman Sahabat Arland

Iklan