INDANYA BERAMAL SALEH


sedekahIndahnya Beramal Shaleh

Written by Taufikmalin

Allah Maha Penolong dan Maha Pembimbing. Allah Maha Mensyukuri lagi Maha Pemurah Al Qur’an adalah sumber ilmu kebahagian, kesejahteraan, kedamaian kita. Rasulullah saw adalah orang yang istimewa dan sangat berjasa kepada kehidupan manusia sampai akhir zaman.

Waktu kecil, saya berpendapat, bahwa amal saleh itu adalah memasukkan uang ke kotak amal yang ada di masjid atau yang sering dibawa oleh peminta-minta. Karena di kotak itu tertulis “Kotak amal”.

Kedua, bahawa beramal saleh adalah menjalankan shalat, sedekah, mengaji, berpuasa, membayar zakat naik haji, sebagaimana di nasehatkan oleh orang tua dan guru-guru ngaji saya. Makin banyak amal saleh kita makin banyak pahala yang dicatat oleh malaikat dan inilah yang akan menolong orang masuk surga.

Alhamdulillah, setelah membaca dan memahami buku pedoman hidup manusia yaitu Al Qur’an dan Hadits, saya mengerti bahwa yang dimaksud amal saleh itu bukan perbuatan-perbuatan dan ibadah-ibadah yang disebut diatas saja. Amal saleh juga meliputi semua perbuatan atau karya-karya yang bermanfaat untuk manusia dan makhluk Tuhan lainnya, dengan niat karena Allah swt.

Berikut adalah contoh-contoh amal saleh yang bisa kita kerjakan sehari-hari:

Amal-amal saleh dengan mulut:

  1. Senyum, membuat orang bahagia
  2. Berkata yang baik dan berfaedah
  3. Memberikan ilmu, sebagai guru,dosen,mubaligh, da’i dan lain-lain
  4. Menulis buku ilmu yang berfaedah untuk manusia
  5. Berniat dalam hati.

Beramal-amal saleh dengan tindakan dan karya

  1. Mengambil duri dari jalan adalah amal saleh, apalagi;
  2. Membuat jalan dan pengairan untuk kebaikan umum
  3. Bertani , berladang, mengasilkan sayur-mayur untuk manusia
  4. Perikanan, menangkap ikan di laut dan beternak ikan
  5. Perternakan di mana ternaknya bermanfaat untuk orang banyak
  6. Berdagang, menolong mendistribusikan hasil tani dan pabrik memudahkan orang mendapatkan barang yang diperlukan
  7. Mendirikan pabrik untuk mengolah barang yang diperlukan masyarakat banyak, misalnya membuat mie instan, minyak, sabun, kecap, mobil, sepeda motor, kapal laut
  8. Mendirikan sekolah, rumah sakit, masjid, hotel dan gedung tempat bekerja, lapangan sepak bola
  9. Dan ribuan macam aktifitas lainnya yang tak terhitung banyaknya

Semua perbuatan dan karya yang dikerjakan semata-mata untuk kebaikan hidup manusia dan makhluk lainnya, dan diniatkan karena perintah Allah swt memakmurkan bumi (QS.11:61), akan dicatat oleh malaikat sebagai amal saleh kita.

Allah menyatakan orang-orang yang akan masuk surga itu adalah orang yang beriman dan beramal-saleh dan tidak sirik. Allah juga mengatakan orang yang masuk surga adalah yang berhati bersih (QS.26:89).

Kalau hatinya bersih bening, maka setiap kata yang keluar dari mulutnya adalah kata-kata yang bermanfaat, dan menyenangkan. Tapi kalau hatinya kotor, maka yang keluar dari mulutnya adalah fitnah, gosip, berbicara yang menyakiti hati orang, berbohong, membukakan aib orang lain, dan kata kata yang dapat merugikan orang lain. Semuanya merupakan perbuatan dosa.

Seorang pemuda bertanya, “Mengapa Allah tidak berfirman bahwa yang akan masuk surga itu adalah orang-orang yang melaksanakan shalat, atau puasa, atau zakat atau naik haji.”

Shalat adalah latihan memperbaiki diri, bukan tujuan. Shalat adalah tiang agama, suatu latihan yang intensif dan berkelanjutan. Lima kali sehari manusia harus melapor dan menghadap Allah (shalat).

Shalat wajib dilaksanakan agar manusia bisa mencapai derajat mulia mencintai Allah swt. Bila meninggalkannya maka dapat dikatakan sebagai sikap ingkar. Ia akan mudah dirayu oleh setan untuk diajak ke arah yang merusak, merugikan, dan menzhalimi seseorang, yang akhirnya kehidupannya di dunia sengsara, dan di akhirat akan mendapat azab yang pedih dari Allah swt.

Janji Allah tidak pernah mungkir dan meleset. Berzakat dan naik haji adalah latihan-latihan yang intensif juga dari Allah untuk manusia. Manusia mempunyai sifat bawaan dari kecil: lemah, rakus, ingkar, zolim dan adanya setan yang selalu menipu manusia.

Dengan latihan yang intensif itu akan terciptalah manusia yang berakhlaq mulia dan terpuji yaitu; yang selalu ingat Allah, jujur, disiplin, taat akan syariat Tuhan dan lainnya. Dalam diri mereka timbul sifat pemurah, kasih sayang, berani karena benar sabar, rajin bekerja, bersih rohani dan jasmani dan pandai bersyukur.

Kalau kita lihat sejarah, umat islam di Arab adalah sumber ilmu;Ilmu aljabar, science, kesehatan, fisika, bahasa, mathematika, dll. Kejayaan Islam mundur setelah Negara Negara di jajah oleh penjajah dari negar2 Islam di afrika sampai ke Indonesia. Indonesia di jajah lebih kurang 350 tahun. Coba bayangkan 5 generasi dibawah pengaruh penjajah.

Semenjak itulah para ulama-ulama memindahkan aktivitas kehidupannya ke kampung kampung, mereka bertani, mendirikan sekolah agama, agar para pemuda pemudi islam jangan sampai belajar di kota kota disekolah sekolah penjajah.

Alhamdulillah, kita mengucapkan banyak terimakasih kepada para ulama zaman itu yang mana Umat Islam dan agamanya tidak bisa dimusnahkan. Ini suatu hal yangat positif. Agama Islam sangat berjaya di Negara Spanyol tapi bisa dimusnahkan, sehingga tiada lagi peninggalan2 islam seperti Mesdjid dll.

Walaupun penjajah tidak bisa memusnahkan umat Islam dengan agamanya di Indonesia, tapi mereka berhasil membuat umat islam terbelakang dari kemajuan2 dibandingakan dengan negara2 lainnya. Umat Islam terbelakang dalam bermacam2 aspek penghidupan antara lain; ekonomi, ilmu pengetahuan, produktifitas, technologi, kesehatan, pertahanan dll. Indonesia menjadi suatu bangsa yang konsumtif. Artinya umat islam kita di Indonesia kurang produktif, kurang berbuat baik atau beramal saleh yang dikehendaki oleh Allah dan Rasulullah saw. Syurga didunia dan akhirat akan diberikan kepada orang orang yang banyak berbuat baik atau beramal saleh dan beriman kepada Allah.

Sebahagian umat Islam terperangkap oleh ajaran2 yang salah kaprah, atau salah konsepsi dalam menghayati uacapan2 Rasulullah saw baik yang tertulis dalam Al Quran maupun yang tertulis di Hadits2. kita sering mendengar di Mesdji2 yang diucapkan oleh Khotib ;

“Rasulullah saw melihat bahwa di syurga itu kebanyakan orang orang miskin, sedangkan dalam neraka kebanyakan wanita2” HR Muslim-Bukhary.

“Dunia itu terkutuk, dan terkutuk pula seluruh isinya. Kecuali (dzikir) mengingat Allah dan yang berkaitan dengannya, orang alim (shalih) serta orang yang belajar agama.” (HR. Tirmidzi dan beliau berkata hadits ini hasan)

“Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim)

“Jauhilah perkara-perkara yang diada-adakan, karena sesungguhnya setiap perkara yang diada-adakan adalah bid’ah. dan setiap bid’ah adalah sesat.” (HR.Turmudzi, beliau berkata: hadits hasan shahih).

Telah datang hadits shahih yang mencela orang yang menirukan gerakan seseorang, dan larangan dari yang demikian itu, dari Aisyah bahwa Rasulullah bersabda, ‘Sungguh saya tidak suka menirukan seseorang dan sungguh bagi saya seperti ini dan seperti ini’. Shahih dikeluarkan oleh Imam Ahmad (6/136-206), At-Tirmidzi (2501).

Dari kelima Hadits2 diatas jelas sekali bagi kita, sebahagian para khotip2 mengajak umatnya untuk mejauhi dari pekerjaan yang produktif, membuat barang barang yang dibutuhkan oleh manusia, atau membuat fabrik2 yang bisa mengolah barang barang baku yang diberikan oleh Allah menjadi barang barang yang bermanfaat untuk kehidupan manusia; misalnya membuat fabrik speda, mobil, TV, alat2 rumah tangga, kantor dan sekolah dan pertanian dll. Sebahagaian Para khotip mengajak umatnya untuk tidak mencintai materi, menjauhi kehidupan duniawi sebagaimana orang orang Non Islam.

Akhirnya umat menjadi kurang aktif dalam bidang produktif, ekonomi, science dan technologi dll. Inilah akibat dari penjajahan yang sangat fatal dan harus diperbaiki, dirobah, diluruskan kembali ajaran2 islam yang telah dibelokan oleh para penjajah selama 350 tahun. Sekarang kita sudah merdeka tapi belum lepas dari belenggu pemahaman penjajah.

Marilah kita panjatkan doa kepada Allah Yang Maha mendengar dan Maha Pengampun;

Yaa allah yaa Tuhan kami ampunilah dosa dosa kami atas kebodohan kami, kelemahan kami, kelalaian kami dan ketidak tahuan kami yaa Allah kepada siapa lagi kami bermohon kalau bukan kepada Mu yaa Allah.

Yaa Allah yaa tuhan kami, tunjukilah kami, berilah kami kekuatan, berilah kami hidayah, berilah kami ide2 yang dapat membawa kami dari keterbelakangan, kehinaan, kelemahan dalam segala spek penghidupan. Yaa Allah yaa Tuhan kami, jadikanlah kami orang orang yang pandai mensyukuri semua pemberian Mu ini agar kami dapat mengoilahnya dengan baik dan bermanfaat untuk orang banyak.

Yaa Allah berikalan kami ilmu pengetahuan yang luas, rezeki yang banyak agar kami dapat menolong orang yang memelukan, sumbuhkanlah kami dari segala penyakit qolbu dan fisik agar hidup kami bermanfaat untuk agama dan umat Mu yaa Allah.

Yaa Allah jadikan lah qolbu kami qolbu yang bersih jernih dan bening yang selalu merindukanMu, jauhilah qolbu kami dari sifat; malas, benci, sombong, iri hati, dan amarah. Semoga sisa sisa hidup kami ini penuh kenikmatan dalam bekerja untuk Mu yaa Allah yaa Rabbal alamin.

Demikianlah terimakasih semoga ada manfaatnya. Kalau ada yang benar datang dari Allah dan kalau ada yang salah datang dari kami yang lemah, mohon dimaafkan dan ditegur.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Iklan