Menyantap Daging Tanpa Masalah


kurban-terbaik-1Menyantap Daging Tanpa Masalah

Hidangan daging, terutama daging sapi dan kambing, memang sangat menggugah selera. Meski berkolesterol tinggi dan sulit dicerna karena kandungan lemaknya, aromanya yang khas dan rasanya yang legit mampu membuat siapapun ketagihan dan seakan lupa dengan bahaya yang mengintai di balik jenis makanan yang satu ini. Menyantap daging sekali-sekali, boleh-boleh saja. Kendati demikian, untuk mencegah masalah yang mungkin timbul setelah menyantapnya, simak beberapa tips berikut.

  1. Santaplah daging bersama sayuran, kemudian akhiri dengan hidangan penutup berupa buah, seperti pisang, pepaya, jeruk atau apel. Kandungan serat alami yang terdapat pada buah dan sayur, terutama sayuran hijausegar, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan membantu proses pencernaan tubuh. Semakin banyak jumlah sayur dan buah yang dikonsumsi, semakin baik pula bagi tubuh Anda.
  2. Kandungan lemak yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Untuk itu, kendalikan asupan lemak harian Anda dengan membatasi porsi daging yang Anda santap. Misalnya, dengan menghindari jeroan karena paling banyak mengandung lemak dibanding bagian daging yang lain. Atau, memilih porsi kecil untuk hidangan daging yang dimasak dengan santan, seperti kari. Pasalnya, selain daging, santan juga merupakan sumber asam lemak jenuh.
  3. Setelah makan daging, usahakan minum air putih sebanyak-banyaknya. Selain baik untuk ginjal, banyak minum air putih juga dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh arteri.

***

Kiriman: Anin ­ Makassar

Iklan