Jamur dan Penyakitnya


Jamur-yang-Bisa-DimakanJamur dan Penyakitnya

Anda pasti sering mendengar kata jamur. Tapi, tahukah anda, jamur adalah organisme yang terdiri dari satu sel tunggal yang ukurannya kecil sekali, sekitar 2 mikrometer. Tapi ada juga lho yang besar, ya sekitar 1 meter, seperti pada jamur kayu. Alat berkembang biak jamur adalah spora yang bentuk, ukuran, dan warnanya bervariasi.

Nah, penyakit yang disebabkan oleh jamur ini dapat terjadi pada permukaan kulit, didalam kulit, dan jaringan didalam tubuh. Ada empat macam jamur yang menyebabkan infeksi kulit, yaitu tinea versicolor yang menyebabkan panu, tinea nigra, piedra hitam, dan piedra putih. Penderita biasanya mengeluh gatal-gatal pada kulit yang terkena jenis jamur ini. Tapi, sering juga terjadi akibat pemakaian kosmetik yang salah. Dan ini yang paling mengganggu.

Kalau penyakit jamur yang menyerang kulit disebut mikosis kulit atau ringworm. Jamur jenis ini menyerang semua lapisan kulit, rambut, dan kuku. Daerah yang terkena menjadi gatal dan nyeri dan tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, bisa terjadi infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga kulit bernanah.

Jenis penyakit jamur lainnya adalah :

  • Blastomyces dermatitids
  • Coccidiodes immits
  • Histoplasma capsulatum, dan…
  • Paracoccidioides brasiliensis.

Biasanya jamur-jamur jenis ini ada di dalam binatang rendah dan tanah. Distribusinya terbatas pada daerah di Amerika Selatan, Meksiko, Amerika Utara, dan Afrika. Jamur-jamur itu bisa menyerang paru-paru kita lho. Kalau paru-paru kita terkena infeksi akibat jamur ini, maka akan menyebabkan kematian jika tidak segera diobati. Gejala yang ditimbulkan jamur yang menyerang paru-paru menyerupai gejala penyakit TBC. Jika jamur masuk ke dalam aliran darah, maka akan terjadi penyebaran ke organ-organ lain.

Jadi, hati-hati dengan jamur. OK?!

***

Dari Sahabat

Iklan