Seperti Apa Fungsi Tutup Pentil?


tutup pentilSeperti Apa Fungsi Tutup Pentil?

Beberapa waktu lalu petugas merazia kendaraan yang parkir sembarangan dengan cara mengambil tutup pentil ban kendaraan tersebut. Sebenarnya, apa fungsi tutup pentil (valve cap) ini sebenarnya?

Untuk menjawab hal itu, divisi Humas Mabes Polri pun memberi sedikit penjelasan. “Masih banyaknya pertanyaan, Polisi masih sering mencari-cari kesalahan bahkan tutup pentil pun dipermasalahkan, sedikit kami berikan gambaran betapa pentingnya tutup pentil ban kendaraan Mitra Humas, karena tutup pentil (valve cap) sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan,” tulis mereka di laman Facebook resminya.

“Entah karena bentuk fisiknya yang kecil atau karena harganya yang murah. Padahal komponen ini punya peran penting dalam menjaga ban tetap dalam tekanan ideal,” tambahnya.

Lebih lanjut mereka lalu menjelaskan kalau fungsi utama valve cap adalah melindungi pentil ban dari kotoran. Debu atau air yang masuk ke pentil dapat merusak katup, membuat material karet sebagai sil di dalam valve menjadi getas, atau menyebabkan terjadinya korosi.

Kalau kerusakan ini terjadi, udara di dalam ban akan keluar secara perlahan. Akibatnya tekanan angin ban menurun. Kebocoran kecil ini sulit dideteksi.

“Padahal menurut data NHTSA (National Highway Traffic Administration), 85% penyebab berkurangnya tekanan angin ban adalah akibat kebocoran halus yang terjadi dalam periode lama. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tutup pentil,” lugas mereka.

“Fungsi lain dari valve cap adalah mereduksi kebocoran pentil agar tekanan angin ban tidak menurun secara drastis. Hal ini sangat penting ketika kendaraan sedang melaju di kecepatan tinggi. Mari kita lindungi diri sendiri dengan meminimalisir segala kemungkinan yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan,” tuntasnya.

(syu/ddn)

***

Syubhan Akib – detikOto

Iklan