Keuletan


kerja keras 2Keuletan

Allah berfirman dalam alqur’an: “didalam setiap kesulitan ada kemudahan” Alam nashroh… Eh Seorang genius bernama Albert Einstein pernah berkata yang mirip-mirip: In the Middle of Difficulty Lies Opportunity. Terjemahannya secara bebas bisa diartikan sebagai berikut : Di dalam setiap kesulitan terdapat kesempatan. Bila direnungkan kata-kata mutiara tersebut di atas dengan lebih seksama, sungguh merupakan sebuah kata-kata yang mengandung pengertian dan mempunyai bobot motivasi yang dalam.

Ya, memang benar !.. Disetiap kesulitan yang mampu kita atasi, maka bersamaan itu pula akan muncul kesempatan-kesempatan yang memungkinkan kita untuk melanjutkan usaha dan perjuangan sehingga tercapai kemajuan dan kesuksesan.

Tetapi, yang sering terjadi pada saat kita dihadapkan dengan Rintangan, Cobaan, Kesulitan, Problem yang bermunculan, semangat perjuangan menjadi turun dan mudah menyerah. Terkadang di saat-saat tertentu, kesulitan-kesulitan itu terasa begitu berat dan sangat membebani mental, bahkan tidak jarang sampai membuat kita merasa gagal, frustasi, depresi, putus asa menganggap ini semua merupakan suratan nasib kita.

Mengapa kita mudah menyerah?. Mengapa kita cepat merasa gagal? Sebenarnya perasaan di atas ini adalah akibat dari hasil pikiran atau kesadaran tentang proses hidup ini yang belum matang. Kita perlu menyadari bahwa kesulitan adalah bagian dari kehidupan kita. Setiap kesulitan pasti akan membawa hikmahnya yang setimpal. Kesuksesan sejati adalah kristalisasi dari berbagai macam kesulitan-kesulitan yang mampu kita atasi. Untuk itu tidak terkecuali bagi kita yang bergerak di Ahadnet, pasti akan menemui berbagai macam kesulitan sebagai Tantangan yang harus kita hadapi.

Maka jelas sekali, kita dituntut mempunyai Keuletan Extra. Keuletan yang berarti: tidak sekedar Sabar Bertahan, Apatis, Pasif, Pasrah, tetapi Keuletan yang didalamnya mengandung sikap Pantang putus asa, Tetap bersemangat, Kegigihan, Ketegaran, Keberanian untuk Bereaksi terus menerus dan Pantang menyerah.

Jika sikap mental KEULETAN diatas dapat dipraktekkan disetiap tantangan yang muncul, sampai menjadi kebiasaan dikehidupan kita, maka kita akan sadar bahwa hanya melalui, Kelemahan, Kesulitan, Kesalahan, bahkan Kegagalan, barulah kita mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan ini melalui BELAJAR DALAM ARTI YANG SEBENARNYA.

Istilah Zainuddin: Mundur hancur, berhenti diinjak orang..! so what? Maju terus…!

***

Oleh: Zamah Saari

Iklan