30 Jalan Menuju Surga


cahaya-kebenaran30 Jalan Menuju Surga

Semua kita insyaallah ingin masuk surga, namun sayangnya banyak yang tidak berbuat apa-apa untuk mencapai keinginan tersebut.Atau ada juga yang merasa berbuat banyak tetapi dengan cara yang tidak sesuai tuntunan.Nah berikut saya sarikan isi buku kecil karya Dr. Adullah Abdurrahman berjudul “Thirty Ways To Enter Paradise”Terbitan Al-Firdous Ltd. London ,2001, mudah-mudahan bermanfaat bagi semua yang mengidam-idamkan surga.

Sebelum kita berbuat sesuatu, sudah seharusnya kita memiliki dasar untuk apa/siapa kita melakukannya dan mengapa pula kita lakukan. Untuk permburu surga ada tiga prasyarat yang harus dipenuhi agar segala perbuatannya memberikan hasil yang diharapkan yaitu dengan rakhmat Allah diijinkan untuk masuk surga. Prasyarat tersebut adalah : Pertama ia harus Islam, Kedua harus ikhlas karena Allah, Ketiga harus sesuai tuntunan Rasulullah, s.a.w.

Islam insyaallah kita sudah, Ikhlas adanya di hati kita dan hanya Allah-lah yang tahu, sedangkanperbuatan baik yang ada tuntunannya (Al-qur’an dan Al’hadits) yang insyaAllah akan membawa kita ke surga -dengan rakhmatNya tentu saja- diringkaskan dibawah ini:

  1. Iman
  2. Amal Sholeh
  3. Taqwa
  4. Mengikuti Perintah Allah dan Rasulnya
  5. Jihad di Jalan Allah
  6. Taubat
  7. Berpegang teguh pada agama Allah
  8. Menuntut Ilmu karena Allah
  9. Membangun Masjid
  10. Akhlaq Mulia
  11. Menghindari perdebatan meskipun benar
  12. Menghindari berbohong meskipun dalam canda
  13. Berwudlu ketika batal dan Sholat dua raka’at sehabis adzan
  14. Pergi ke Masjid untuk Sholat Jamaah
  15. Banyak Mengingat Allah
  16. Haji yang Mabrur
  17. Membaca Ayat Kursi setiap sehabis Sholat fardhlu, membaca Sayyidul Istighfar pagi dan petang (bagi yang belum tahu sayyidul istighfar adalah bacaan “Allahumma anta rabbi la Ilaha illa anta, Anta khalaqtani wa ana Abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika mastata’tu, A’udhu bika min Sharrima sana’tu, abu’u Laka bini’matika ‘alaiya, wa Abu’u Laka bidhanbi faghfirli innahu la yaghfiru adhdhunuba illa anta.”)
  18. Melaksanakan 12 rakaat sholat sunat (4 sebelum dhuhur, 2 sesudah dhuhur,2 sesudah magrib, 2 sesudah isya; dan 2 sebelum subuh)
  19. Menyebarkan salam, memberi makan fakir miskin, berbuat baik terhadap saudara dekat dan sholat malam
  20. Memenuhi enam perkara (Berkata benar, memenuhi janji, jaga kepercayaan, menghindari zina,menundukkan pandangan, menahan tangan dari perbuatan yang tidak adil)
  21. Khusus wanita : Sholat, Puasa, Menjaga kehormatan dan Taat Pada Suami
  22. Menjaga tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan
  23. Sabar ketika ditinggal mati anak atau sahabat
  24. Memelihara anak yatim
  25. Mengunjungi orang sakit, atau Mengunjungi saudara dalam Islam
  26. Melaksanakan dua hal. Pertama Setiap habis sholat membaca Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar masing-masing sepuluh kali. Kedua ketika akan tidur membaca Allahuakbar (34x), Alhamdulillah (33x) dan Subhanallah (33x) , total 100x
  27. Mudah dalam menjual dan mudah dalam membeli
  28. Mema’afkan orang yang berhutang apabila yang berhutang tersebut dalam kesulitan
  29. Melaksanakan 4 perbuatan baik dalm satu hari yaitu : Puasa, Mengantar jenazah, memberi makan fakir miskin dan menjenguk orang sakit
  30. Menunjukkan ketabahan dan mencari pahala dari Allah apabila kehilangan penglihatan.

Kalau ada salah dan keliru dari saya saya pribadi– tetapi kalau ada kebenaran tentu datangnya dari Allah semata. Wallahu a’lam Bi showab.

[1] Di sarikan dari Buku “Thirty Ways To Enter Paradise” Karya Dr. Abdullah Abdurrahman” Terbitan Al-Firdous Ltd. London ,2001

Iklan