Resume Al-Fatihah


1. Surat Al Fatihah mempunyai beberapa nama, diantaranya: Ummul Kitab, Ummul Qur’an, Al-Hamd, Al-Asas, Ash- Sholat, Al- Wafiyah, Al-Kifayah, Ar-Raqiyah, As-Sabu’l Matsani (15:87)

2. Surat Al Fatihah mengandung prinsip-prinsip pokok ajaran Islam, yaitu: Tauhid, Ibadah, Hukum-hukum dan peraturan-peraturan, Janji dan ancaman, Kisah-kisah atau cerita-cerita.

3. Beberapa kata yang perlu diperhatikan:

  • Rabbi : mendidik, menambah dan menyempurnakan, menghimpun, memperbaiki dan menanggung, memimpin dan mengurus keperluan yang dipimpin, dan memiliki dan mengusai.
  • Ar-Rahman : yang menimbulkan perbuatan memberi nikmat dan kurnia
  • Ar-Rahim : orang yang mempunyai sifat belas kasihan, dan sifat ini `tetap’ pada-Nya selama-lamanya.
  • Ad-Din : perhitungan, ganjaran atau pembalasan, patuh, menundukkan, syariat atau agama.
  • Ibadah : menghamba, tunduk dan taat, memuliakan, selalu menyertai, dan menahan diri.

4. Tentang ‘Basmalah’

  • Basmalah itu adalah suatu ayat yang tersendiri, diturunkan Allah untuk jadi kepala masing-masing surat, dan pembatas antara surat dengan surat yang lain. Jadi ia bukanlah satu ayat dari al Fatihah atau dari suatu surat yang lain, yang dimulai dengan Basmalah itu. Ini adalah pendapat Imam Malik beserta ahli qiroah dan fuqoha Madinah, Basrah dan Syam, dan juga pendapat Imam Hanifah dan pengikut-pengikutnya. Sebab itu menurut Imam Abu Hanifah ‘Basmalah’ itu tidak dikeraskan membacanya dalam shalat bahkan Imam Malik tidak membaca Basmalah sama sekali.
  • Basmalah adalah salah satu ayat dari al Fatihah dan dari sesuatu surat yang lain, yang dimulai dengan ‘Basmalah’. Ini adalah pendapat Imam Syafi’I beserta ahli qiroah Mekkah dan Kuffah. Sebab itu menurut mereka ‘Basmalah’ itu dibaca dengan suara keras dalam shalat (Jahar)

5. Al Fatihah sebagai Rukun shalat

Sabda Nabi Saw. “Daripada Ubadah bin Shamit, bahwasannya Nabi Saw. berkata: “Tidaklah ada sholat (tidak sah sholat) bagi siapa yang tidak membaca Fatihail Kitab” (HR. Al-Jamaah)

6. Ucap `Basmalah’ pada tiap pekerjaan baik

“Tiap-tiap pekerjaan yang penting, kalau tidak dimulai dengan Bismillah, maka pekerjaan itu akan percuma jadinya”. (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah)

***

Referensi: Dari beberapa Kitab Tafsir

Sumber: Email Sahabat

About these ads