Wow, Bayi Kembar Punya Ayah Berbeda


bayikembar(amazon)Vera Farah Bararah – detikHealth

**

Dallas, Anak kembar yang lahir secara bersamaan tapi memiliki ayah yang berbeda. Mana mungkin? Tapi ini peristiwa nyata yang terjadi di Dallas AS. Ini bukan mistik tapi karena perilaku sang ibu yang bikin si kembar punya ayah berbeda.

Sebelas bulan yang lalu, di Dallas Amerika Serikat lahir bayi kembar Justin dan Jordan dengan ayah yang berbeda, fenomena ini dikenal dengan heteropaternal superfecundation yang sangat jarang sekali terjadi dan sedikit yang diketahui oleh dunia.

“Saya memiliki bayi kembar, tapi mereka dari ayah yang berbeda,” ujar Mia Washington kepada stasiun TV setempat seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Rabu (1/7/2009).

Mia Washington dan tunangannya Horrison menyatakan anak kembar mereka memiliki bentuk wajah yang berbeda dan mereka disarankan untuk melakukan paternity test. Mereka melakukan di Dallas DNA Lab Clear Diagnostics yang menyatakan mereka tidak pernah melihat hal ini sebelumnya dan terdapat kemungkinan 99,999% Justin dan Jordan memiliki ayah yang berbeda.

Kemungkinan besarnya adalah Jordan anak biologis Harrison dan Justin anak biologis dari hubungan terlarang ibunya dengan pria lain.

Direktur Lab Clear Diagnostic Genny Thibodeaux mengatakan, “Very crazy dan pasti banyak orang yang tidak percaya hal ini terjadi”.

Dr. Chris Dreiling, dari Pediatric Association of Dallas, mengatakan bahwa wanita bisa melepaskan lebih dari satu sel telur selama masa ovulasi, dan jika wanita tersebut memiliki hubungan lain pada saat yang berdekatan, kemungkinan sperma dari pasangan yang berbeda bisa mengimbuhi masing-masing sel telur.

“Karena sel sperma membutuhkan waktu yang cukup panjang dan begitu juga dengan sel telur sehingga kemungkinan bisa terjadi overlap,” ujar Dreiling, yang menjelaskan bahwa kejadian ini sangat jarang dan kemungkinan menjadi satu-satunya yang pernah terjadi Dallas.

Horrison mengatakan akan membawa kedua anak tersebut, dan dia telah memaafkan tunangannya serta berjanji akan tetap bersama dia.

“Hati-hati untuk memulai perselingkuhan, lihatlah apa yang terjadi pada saya. Pikirlah masak-masak tentang konsekuensi yang harus ditanggung, karena hal teraneh bisa saja terjadi ketika kamu mengharapkan yang terakhir,” kata Mia.

Mia mengatakan dia akan memberitahukan anaknya tentang perbedaan DNA tersebut, ketika mereka sudah cukup umur dan mengerti akan hal ini. Dia tidak punya rencana untuk memberitahukan ayah yang lain dari anaknya. “Tapi jika suatu saat nanti saat Justin ingin bertemu dengan ayah kandungnya dia bisa mengambil keputusan sendiri,” kata Mia.

Meskipun hal ini sangat jarang terjadi pada manusia, heteropaternal superfecundation biasa terjadi pada hewan seperti kucing dan anjing. Fakta ini biasa dikenal dengan professional breeders.

***

About these ads